Custom Search

Makin Mudah Bikin Aplikasi BlackBerry

BLACKBERRYAN

Dibanding dengan iPhone dan Android, jumlah aplikasi di BlackBerry termasuk ketinggalan jauh, baru sampai angka 10.000-an jenis. Untuk menggenjot jumlah aplikasi, Research In Motion (RIM) pun ambil tindakan dengan menyediakan BlackBerry WebWorks, platform pengembangan software untuk mempermudah pembuatan aplikasi berbasis web.

"Akan segera tersedia platform untuk membuat aplikasi baru yang diberi nama BlackBerry WebWorks. Berbasis web, tidak perlu kemampuan Java," kata Mike Lazaridis, Chairman dan Co-CEO RIM, dalam Developer Conference di San Francisco, Senin (27/9/2010). Ia menambahkan, dengan platform pengembangan aplikasi baru ini, pengembang dapat membuat aplikasi dalam hitungan hari, bahkan hitungan jam.

Salah satu modul yang disediakan di Webworks yakni Web Application Packager 1.5. Dengan modul ini, para pengembang dapat membuat web app layaknya membangun aplikasi berbasis Java. Web app yang dibuat mendukung teknologi HTML5, CSS3, Javascript, dan teknologi lainnya untuk memperkaya aplikasi.

API untuk BlackBerry web app juga akan memberikan akses aplikasi web app ke fitur utama BlackBerry seperti daftar kontak sehingga pengembang dapat membuat aplikasi yang memungkinkan pengguna mengirim SMS tanpa keluar dari aplikasi tersebut. Selain itu, terdapat pula Web Plug Ins 2.5 yang membantu para pengembang menggabungkan konten di web dengan konten yang disimpan dalam perangkat BlackBerry. Dengan modul ini, konten di web dapat diunduh dan disimpan di cache lokal.

Yang menarik, platform BlackBerry WebWorks ini dibangun dengan basis open source. RIM bekerja sama dengan komunitas open source agar para pengembang bisa mengakses dan berkontribusi dalam pengembangan platform dan modul pengembangannya di kemudian hari.

KOMPAS



BLACKBERRYAN

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Enter your email address:

BLACKBERRY TIPS

BLACKBERRYAN © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO