Custom Search

Dari Mana Datangnya Nama PlayBook?

BLACKBERRYAN

Tablet dari Research In Motion (RIM) yang sempat digosipkan sebagai BlackPad, memiliki nama BlackBerry PlayBook. Dari mana asalnya nama itu?

Dugaan sebagian kalangan, istilah PlayBook adalah gabungan dari kata 'play' (bermain) dan 'book' (buku). Sehingga muncul sebuah perangkat tablet yang identik dengan bermain dan hiburan serta buku, dalam hal ini e-Book.

Dugaan itu diperkuat juga dengan pengumuman dari Amazon yang akan membawa Kindle ke PlayBook. Selain adanya aplikasi-aplikasi hiburan dan game yang bakal hadir di PlayBook.

Sesungguhnya, istilah PlayBook berasal dari istilah yang sangat populer di Amerika Utara. PlayBook merujuk pada sebuah buku strategi permainan yang biasanya dimiliki pelatih olahraga, seperti American Football, Hockey atau Baseball.

Istilah olahraga itu kemudian dibawa ke dalam bidang lain. Misalnya dalam berbisnis, playbook merujuk pada strategi perusahaan untuk memenangkan persaingan. Atau, pada kehidupan pribadi, playbook berarti semacam kumpulan rencana-rencana demi mencapai sukses.

Alan Panezic, VP, Platform Product Management, RIM, mengatakan nama itu sangat lekat di kalangan internal. "Sewaktu mendengar nama itu, saya berkata, ya, ya, saya juga punya playbook saya sendiri," ujar Panezic saat diskusi dengan media, yang dihadiri detikINET, dalam rangkaian BlackBerry Developer Conference 2010 di Marriot Marquis, San Francisco, 27-30 September 2010.

"Apakah itu untuk bekerja, ataupun dalam kehidupan pribadi, kita semua pasti punya playbook," Panezic menambahkan. Tapi, apakah istilah playbook itu sudah cukup akrab di kalangan pengguna di luar Amerika Utara?



BLACKBERRYAN

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Enter your email address:

BLACKBERRY TIPS

BLACKBERRYAN © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO