Custom Search

Begini Caranya Mencari Uang Lewat BlackBerry

BLACKBERRYAN

Populernya perangkat BlackBerry seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mencari uang bagi pengembang aplikasi, misalnya lewat iklan. Research In Motion pun memperkenalkan sebuah BlackBerry Advertising Service.

Platform baru untuk iklan di BlackBerry itu diungkap RIM dalam BlackBerry Developer Conference 10 (DevCon10) yang digelar di Marriot Marquis, San Francisco, 27-30 September 2010.

BB Ad Service memungkinkan pengembang untuk menyisipkan beberapa baris kode agar bisa menampilkan iklan di aplikasinya. Penghasilan dari iklan itu akan dibagi 60:40, dengan 60 persennya diberikan pada pengembang.

Menurut Tyler Lessard, VP BlackBerry Global Alliances & Developer Relations dari RIM, BB Ad Service bisa digunakan untuk mengakses berbagai penyedia iklan mobile. Nantinya, ujar Lessard, ini juga termasuk layanan iklan dari operator.

Payment Service

Iklan bukan satu-satunya cara pengembang untuk mendapatkan uang dari BlackBerry. RIM dalam gelaran yang sama juga memperkenalkan BlackBerry Payment Service SDK versi Beta.

BB Payment Service bisa digunakan untuk memungkinkan transaksi di dalam aplikasi BlackBerry. Hal ini bisa diterapkan untuk micro-transaction dalam aplikasi, misalnya membeli e-book dari dalam aplikasi e-book reader.

Hal yang cukup menarik, metode pembayaran yang bisa digunakan cukup beragam. Selain kartu kredit dan PayPal, yang sudah cukup lazim, ada juga metode carrier billing alias masuk tagihan ponsel atau potong pulsa.

Untuk mendukung itu, Lessard mengatakan, selama beberapa waktu ke depan RIM akan menggratiskan Vendor Fee pada BlackBerry App World. Harapannya, dengan tiadanya biaya itu, pengembang akan lebih giat melahirkan aplikasi di App World.

detikinet



BLACKBERRYAN

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Enter your email address:

BLACKBERRY TIPS

BLACKBERRYAN © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO